12 pemain Terbaik Manchester United di era Ferguson

 Sir Alex Ferguson masih dipuja-puja fans Manchester United (MU) hingga saat ini. Padahal, manajer legendaris MU asal Pria asal Skotlandia itu telah pensiun sejak 2013. 

Ferguson merupakan manajer tersukses Setan Merah sepanjang sejarah. Menjadi nahkoda MU sejak 1986 hingga 2013, Ferguson memberikan 38 gelar kepada klub yang bermarkasi di Old Trafford tersebut.

Salah satu puncak kariernya ketika membawa MU memenangkan treble winner pada 1999. Ferguson mempersembahkan tiga gelar, yakni Premier League, Piala FA, dan Liga Champions.

Momen bersejarah itu belum lama ini dikenang dengan pertandingan persahabatan antara para legenda MU melawan para mantan bintang Bayern Munchen di Old Trafford. Ferguson didapuk sebagai pelatih pada laga tersebut. 

Tidak hanya sukses memberikan gelar bersama Setan Merah, Ferguson juga berhasil mencetak pemain bintang, seperti Wayne Rooney. Berikut ini 10 rekrutan terbaik Ferguson selama berkarier di Manchester United.

Siapa saja pemain terbaik Manchester United yang dimaksud?

1.  David De Gea

Kiper asal Spanyol, David De Gea didatangkan dari Atletico Madrid pada 2011. Saat itu, dia merupakan kiper termahal Premier League dengan banderol 18 juta poundsterling, atau senilai Rp 348 miliar.

Di awal kedatangannya, De Gea mendapat banyak cibiran pedas karena sering melakukan blunder. Tapi pada musim 2014-15, De Gea menjadi salah satu kiper terbaik di dunia.

De Gea tercatat telah melakukan 362 pertandingan bersama MU. Kiper berusia 28 tahun itu berhasil mencatatkan 128 clean sheet di bawah mistar gawang Setan Merah.

 3.  Steve Bruce

Tahun 1986, Ferguson menunjukkan kemampuannya dalam merekrut pemain hebat. Dia merekrut bek tengah Norwich City, Steve Bruce, dengan harga yang sangat mahal, yakni 825 ribu poundsterling atau setara Rp 16 miliar (kurs saat ini).

Bruce menjadi bek tengah yang paling subur pada musim 1990-1991. Dia bisa mencetak 19 gol dari 50 pertandingan di semua kompetisi. Bahkan, 13 gol yang dicetaknya terjadi di pentas Premier League.

 3.  Ruud van Nistelrooy

Pada 2001, Ferguson merekrut mesin pembunuh yang ditakuti lini pertahanan lawan. Sang manajer merekrut Ruud van Nistelrooy dari PSV Eindhoven dengan harga 19 juta poundsterling atau setara dengan Rp 386 miliar (kurs saat ini).

Selama lima musim di Old Trafford Stadium, Van Nistelrooy mencetak 150 gol dari 219 pertandingan di semua kompetisi. Kini jejak van Nistelrooy ingin diikuti oleh striker MU Radamel Falcao.

6.  Denis Irwin

Pada 1990, Denis Irwin dibeli Setan Merah dari Oldham dengan uang sebesar 625 ribu poundsterling atau setara dengan Rp 12 miliar (kurs saat ini). Irwin merupakan salah satu bek legendaris Manchester United.

Selama 12 musim memperkuat MU, Irwin menjadi pilihan utama Ferguson. Total, dia tampil dalam 529 pertandingan di semua kompetisi dengan mencetak 33 gol.

  7.  Ole Gunnar Solskjar

Ole Gunnar Solskjaer menjadi pemain berikutnya dalam 10 rekrutan terbaik Ferguson selama di MU. Dia bergabung di Old Trafford pada 1996 dari Molde. Solskjaer memutuskan mengakhiri kariernya sebagai pesepak bola bersama MU pada 2008.

Selama berkiprah sebagai pemain MU, Solskjaer mendapat julukan ‘Bayi Berwajah Pembunuh’. Julukan itu didapatnya karena pernah mencetak empat gol dalam waktu 12 menit. Selain itu, wajah Solskjaer sangat imut seperti “bayi” meski sudah berumur.

Bahkan pada final Liga Champions 1999, Solksjaer yang masuk pada menit ke-90 berhasil mencetak gol dan membuat MU menang 2-1 atas Bayern Muenchen. Sekarang, Solskjaer telah menjadi manajer MU, menggantikan tugas Jose Mourinho.

8. Nemanja Vidic

Bek Serbia, Nemanja Vidic, didatangkan MU dari Spartak Moskow dengan harga tujuh juta poundsterling atau setara dengan Rp 135 miliar.

Bersama Rio Ferdinand, Vidic merupakan tembok yang kukuh di lini pertahanan Setan Merah. Memperkuat MU sejak 2005 hingga 2014, Vidic mempersembahkan 5 gelar Premier League dan 1 gelar Liga Champions.

9. Roy Keane

Gelandang asal Irlandia, Roy Keane memperkuat Setan Merah selama 12 musim. Dia merupakan salah satu kapten terhebat MU sepanjang masa.

Saat masih berkarier sebagai pesepak bola, Keane merupakan gelandang yang dikenal sangat agresif dan kompetitif. Dia juga sangat ditakuti rekan-rekannya di ruang ganti. Sayang, di akhir kariernya, dia malah bersitegang dengan Alex Ferguson.

10. Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo merupakan rekrutan terbaik Ferguson selama menjadi manajer MU. Ronaldo didatangkan pada 2003 dari Sporting Lisbon dengan harga 12 juta poundstering atau setara dengan Rp 232 miliar.

Enam musim memperkuat MU, kekasih Irina Shayk itu mempersembahkan 3 gelar Premier League, 1 piala Liga Champions, 1 gelar Piala FA dan 1 trofi FIFA World Cup Club.

Pada 2009, dia meninggalkan Old Trafford. Ronaldo hijrah ke Real Madrid dengan bandrol 80 juta poundsterling atau enam kali lipat harga saat didatangkan dari Sporting Lisbon.

11. Peter Schmeichel

Didatangkan dari klub asal Denmark, Brondby, Peter Schmeichel menjelma sebagai kiper legendaris Setan Merah. Hingga saat ini, belum ada yang bisa menyamai kiprah Schmeichel bersama Setan Merah, termasuk David De Gea.

Kiper MU asal Denmark ini membela “Setan Merah” sejak 1991 sampai 1999. Schmeichel tinggalkan Old Trafford setelah sukses meraih treble. Dia sempat mampir ke Sporting, Aston Villa, dan Manchester City.

12. Eric Cantona

Eric Cantona sudah pensiun sebagai pesepak bola pada 1997. Dia mengakhiri karier sepak bolanya bersama Manchester United.

Meski sudah pensiun, jika Anda pergi menonton pertandingan MU di Old Trafford Stadium, maka Anda akan mendengan nyanyian-nyayian yang ditujukan untuk kapten legendaris Setan Merah tersebut.

Cantona sangat dihormati oleh pemain bahkan fans MU. Dia sangat dihormati karena jiwa kepemimpinan dan karakternya yang keras.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *